60 Fakta dan Informasi Menarik tentang Kamboja (2022)

Kamboja, yang memiliki nama resmi Kerajaan Kamboja, adalah negara terpadat ke-72 di dunia.

Kamboja merupakan negara berdaulat yang terletak di bagian selatan semenanjung Indocina di Asia Tenggara.

Negara ini memiliki luas 181.035 km persegi. Ibukota dan kota terbesarnya adalah Phnom Penh. Khmer adalah bahasa resmi Kamboja.

60 Fakta dan Informasi Menarik tentang Kamboja (1)

Riel (KHR) adalah mata uang Kamboja. Orang yang tinggal di Kamboja disebut Cambodian (bhs. Inggris) atau Khmer.

Negara ini berbatasan dengan tiga negara lain yaitu Thailand, Vietnam, dan Laos.

Kamboja menganut sistem monarki konstitusional dengan rajanya adalah Norodom Sihamoni dan perdana menteri saat ini adalah Hun Sen.

Daftar Isi hide

Fakta tentang agama, sejarah, dan genosida

Fakta tentang ekonomi, pemimpin politik, dan pemerintah Kamboja

(Video) Fakta Unik Negara Kamboja, Disebut Neraka Dunia "Hell on Earth"

Fakta menarik tentang Khmer Merah

Fakta menarik tentang Angkor Wat

Beberapa fakta unik tentang Kamboja

Fakta tentang agama, sejarah, dan genosida

1. Buddha Theravada, yang dianut oleh sekitar 95 persen populasi, adalah agama resmi Kamboja. Agama ini juga banyak dianut di Sri Lanka, Burma (Myanmar), Thailand dan Laos.

2. Buddha Theravada mengikuti ajaran Tipitaka (Tripitaka) atau Kanon Pali, yang merupakan kumpulan teks tertua yang tercatat dalam ajaran Buddha. Terdapat lebih dari 100 juta umat Buddha Theravada saat ini.

3. Bukti dari penanggalan karbon menunjukkan bahwa Kamboja mulai dihuni sejak tahun 4000 SM.

4. Melalui teknologi pemindaian laser udara mutakhir, beberapa kota berusia antara 900 hingga 1.400 tahun diperkirakan terkubur di bawah hutan tropis Kamboja. Sebagian kota kuno ini diperkirakan memiliki ukuran setara dengan ibukota Kamboja saat ini, Phnom Penh.

5. Para arkeolog juga memperkirakan terdapat kota besar kuno di bawah Gunung Kulen.

6. Kamboja adalah koloni Perancis selama 90 tahun dari tahun 1863 hingga 1953. Di bawah Raja Sihanouk, negara ini menjadi negara merdeka yang disebut Kerajaan Kamboja.

7. Kamboja pernah diduduki Jepang selama Perang Dunia II dari tahun 1941-1945.

8. Di Kamboja, jutaan ranjau darat ditanam selama masa perang. Terdapat lembaga yang berfokus pada penghapusan ranjau darat di Kamboja untuk membuat negara ini lebih aman.

9. Kamboja memiliki populasi orang yang diamputasi terbesar di dunia yang disebabkan oleh ranjau darat. Lebih dari 64.000 korban yang terkait dengan ranjau telah tercatat sejak 1979. Hampir setengah dari ranjau belum dipindahkan.

10. Di Kamboja, genosida (pembunuhan sistematis berdasarkan etnis, agama, pandangan politik, status sosial, dll.) dilakukan oleh rezim Khmer Merah antara tahun 1975 hingga 1979, menewaskan sedikitnya satu setengah hingga tiga juta orang. Genosida berakhir ketika Vietnam menyerbu Kamboja.

11. Mayat orang-orang yang dibunuh dalam genosida dimakamkan di “Killing Fields.” Istilah Killing Fields diciptakan oleh jurnalis Kamboja, Dith Pran, setelah dia berhasil melarikan diri dari rezim Khmer Merah.

(Video) kenapa kamboja disebut neraka dunia? | inilah fakta negara kamboja | cambodia live draw | cambodia

12. Terkait genosida, Kamboja juga memiliki apa yang dinamakan “Killing Cave” Phnom Sampeau. Di gua ini terdapat tulang belulang dokter, guru, pria, wanita, dan anak-anak yang dibunuh oleh Khmer Merah.

Baca juga: 13 Atraksi dan Tempat Wisata di Australia yang Harus Dikunjungi

13. Terdapat relief kecil dinosaurus di dinding kuil di Ta Prohm. Ukiran itu mungkin merupakan indikasi bahwa dinosaurus punah lebih lambat dari yang diperkirakan semula. Namun, tidak ada bukti konkret untuk asumsi ini.

60 Fakta dan Informasi Menarik tentang Kamboja (2)

14. Selama Perang Vietnam, AS juga membom Kamboja dari tahun 1963 hingga 1973 karena dicurigai menjadi tempat bersembunyi tentara Vietnam Utara

Fakta tentang ekonomi, pemimpin politik, dan pemerintah Kamboja

15. Kamboja adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia dengan tingkat pertumbuhan rata-rata lebih dari 6% dalam sepuluh tahun terakhir.

16. Selain bendera Afghanistan, bendera Kamboja adalah satu-satunya bendera nasional di dunia yang memiliki gambar bangunan.

17. Meskipun merupakan satu negara termiskin di Asia, Kamboja menerima 5 juta wisatawan selama tahun 2016, menghasilkan pendapatan sekitar $ 3 miliar. Pariwisata memainkan peran penting dalam membantu pertumbuhan ekonomi negara.

18. Sektor garmen dan alas kaki di Kamboja juga berada di antara sektor-sektor utama yang mendukung perekonomian negara. Lebih dari 600.000 warga Kamboja bekerja di kedua sektor ini, yang sebagian besar adalah perempuan.

19. Padi dianggap sebagai tanaman pertama yang ditanam di tanah Kamboja sejak sebelum abad pertama setelah masehi.

20. Raja Kamboja saat ini, Norodom Sihamoni, adalah seorang bujangan dan tidak memiliki anak. Hal ini menyebabkan tidak terdapat pengganti langsung untuk raja Kamboja berikutnya. Pada 14 Oktober 2004, Norodom Sihamoni terpilih dengan suara bulat oleh anggota dewan tahta sebagai Raja Kamboja. Dia dilahirkan pada hari Kamis, 14 Mei 1953, di Phnom Penh.

21. Sampeah adalah cara orang Kamboja untuk menyapa dan mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain. Terdapat lima cara berbeda untuk menunjukkan rasa hormat kepada seseorang menggunakan sampeah tergantung pada usia, hubungan dan status sosial.

60 Fakta dan Informasi Menarik tentang Kamboja (3)

22. Tonle Sap (Great Lake) di Kamboja memiliki luas sekitar sekitar 2.590 kilometer persegi di musim kemarau dan menjadi sekitar 24.605 kilometer selama musim hujan. Daerah sekitar danau merupakan kawasan padat penduduk dan menjadi sentra penghasil padi. Wilayah ini juga disebut sebagai “jantung Kamboja.”

23. Tonle Sap juga merupakan danau air asin terbesar di Asia Tenggara.

24. Kamboja kehilangan hutan dengan sangat cepat. Tingkat deforestasi di Kamboja masuk peringkat ketiga dunia hanya kalah dari Nigeria dan Vietnam. Antara tahun 2001 hingga 2014, tingkat penggundulan hutan tahunan di Kamboja meningkat 14,4 persen. Alasan utama di balik masalah ini adalah penebangan hutan secara ilegal oleh penyelundup demi mendapat keuntungan dari penjualan kayu.

25. Hun Sen, Perdana Menteri Kamboja saat ini, menjadi kepala negara termuda di dunia ketika ditunjuk pertama kali saat berusia 32 tahun dan 162 hari.

26. Hun Sen telah memerintah Kamboja selama lebih dari 25 tahun dan bersumpah untuk melanjutkan rezimnya sebagai Perdana Menteri sampai berusia 74 tahun. Namun, Hun Sen sering dituduh berupaya mempertahankan posisinya dengan penindasan dan kekerasan.

Baca juga: 11 Kota Terindah di Kamboja, Terbaik Dikunjungi Saat Liburan
(Video) Mengapa Negara Kamboja Disebut Neraka Dunia? Fakta Menarik Negara Kamboja Yang Jarang Diketahui.

27. Pada tahun 2011, Hun mengatakan bahwa jika ada yang mencoba mengadakan demonstrasi menentang pemerintahannya maka, “Saya akan memukuli semua anjing itu dan memasukkannya ke dalam kandang.”

28. Lebih dari dua setengah juta orang di negara ini diperkirakan hidup dengan kurang dari $ 1,20 per hari.

29. China dan AS adalah investor asing terbesar di Kamboja.

Fakta menarik tentang Khmer Merah

30. Khmer Merah adalah organisasi gerilya komunis. Mereka menentang pemerintah Kamboja pada tahun 1960-an dan mengobarkan perang saudara sejak 1970, untuk kemudian berhasil merebut kekuasaan pada 1975.

31. Partai Komunis Kampuchea (CPK), juga dikenal sebagai Khmer Merah, mulai menguasai Kamboja pada 17 April 1975. Namun, keberadaan partai tersebut dirahasiakan hingga tahun 1977.

32. Pol Pot (memiliki nama asli Saloth Sar), dianggap sebagai salah satu diktator paling kejam di dunia, diangkat sebagai sekretaris dan pemimpin partai pada tahun 1963.

60 Fakta dan Informasi Menarik tentang Kamboja (4)

33. Tujuan partai (Khmer Merah) adalah untuk mendirikan negara tanpa kelas dengan ekonomi agraris pedesaan.

34. Selama pemerintahan partai, terjadi represi dan pembantaian dalam skala besar. Hampir dua juta orang tewas antara tahun 1975 hingga 1979.

35. Vietnam yang mendukung Khmer Merah akhirnya menarik diri dari Kamboja pada akhir tahun 1972. Setelah itu, tanggung jawab utama perang berada di pundak Partai Komunis Kampuchea (Khmer Merah).

36. Sebanyak 300.000 orang di Kamboja terbunuh akibat pemboman yang dilakukan oleh pemerintah Republik Khmer dengan bantuan Amerika Serikat. Banyak orang yang menderita akibat pemboman bergabung dengan Khmer Merah.

37. Dalam upaya mengubah Kamboja menjadi masyarakat pedesaan tanpa kelas, sekolah umum, pagoda, masjid, universitas, toko dan gedung pemerintah ditutup atau diubah menjadi penjara, istal, kamp pendidikan ulang dan lumbung padi. Tidak ada transportasi umum atau pribadi, tidak ada properti pribadi, dan tidak ada hiburan non-revolusioner. Pertemuan dan diskusi publik dilarang selama periode tersebut.

38. KCP, segera setelah menguasai negara itu, menangkap dan membunuh ribuan tentara, perwira militer dan pegawai negeri dari rezim Republik Khmer yang dipimpin oleh Marsekal Lon Nol.

39. Dikenal sebagai S-21, penjara paling terkenal di Kamboja ini menahan hampir 14.000 tahanan, dengan hanya 12 yang selamat. Khmer Merah bertanggung jawab atas penahanan, interogasi, dan eksekusi para tahanan.

40. Warga Kamboja pada saat itu dipaksa menanam setidaknya tiga ton beras per hektar di seluruh negeri. Konsekuensinya, warga sipil harus bekerja (secara paksa) lebih dari 12 jam sehari tanpa makanan dan istirahat yang memadai.

Fakta menarik tentang Angkor Wat

41. Angkor Wat adalah monumen keagamaan terbesar di dunia dengan luas 162,6 hektar.

42. Kompleks kuil ini dibangun oleh Raja Khmer Suryavarman II pada awal abad ke-12.

(Video) 5 Fakta unik tentang negara kamboja

43. Kuil itu awalnya merupakan kuil Hindu. Namun, lambat laun berubah menjadi kuil Budha pada akhir abad ke-12.

Baca juga: 15 Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Kamboja sebagai Tujuan Liburan
60 Fakta dan Informasi Menarik tentang Kamboja (5)

44. Angkor Wat berarti “Kota Kuil” dalam bahasa Khmer.

45. ​​Seorang biarawan Portugis – António da Madalena – salah satu pengunjung pertama dari negara Barat mengatakan bahwa Angkor Wat “adalah konstruksi luar biasa sehingga tidak mungkin untuk menggambarkannya dengan pena.

46. Hampir setengah wisatawan internasional yang datang ke Kamboja mengunjungi Angkor Wat. Penjualan tiket Angkor Wat menghasilkan pendapatan $ 20 juta selama tiga bulan pertama tahun 2016.

47. Kuil itu, tidak seperti berbagai kuil lain di sekitarnya, menghadap ke barat, arah yang dikaitkan dengan kematian. Norma umum dalam membangun kuil adalah menghadap ke timur.

48. Alasan pasti untuk orientasi seperti itu belum diketahui. Namun secara umum, kompleks ini dianggap sebagai kuil penguburan.

49. Wilayah Angkor telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1992.

50. Kuil ini juga muncul dalam film “Tomb Raider.” Rumah produksi film dikenai biaya $ 10.000 per hari selama tujuh hari pembuatan film di sana.

Beberapa fakta unik tentang Kamboja

51. Terdapat 1,3 juta motor di Kamboja untuk populasi lebih dari 1,5 juta orang. Dengan demikian, menemukan motor hampir sama mudahnya dengan menemukan orang di negara ini.

52. KFC, raksasa makanan cepat saji Amerika mengalami kerugian di Kamboja, yang merupakan satu-satunya negara di mana mereka tidak mencetak keuntungan. Hanya terdapat 6 pusat makanan cepat saji ini di Kamboja. Kamboja juga tidak memiliki McDonalds (begitu pula Ghana dan Yaman).

53. Tarantula dimakan di Kamboja sebagai snack. Selama masa pemerintahan Pol Pot, orang Kamboja makan tarantula akibat kelangkaan bahan makanan. Arachnida raksasa ini masih dikonsumsi hingga sekarang dan banyak dijual di pasar-pasar.

54. Diperkirakan masih terdapat empat juta ranjau darat yang harus dibersihkan dari Kamboja.

55. Warga Kamboja tidak merayakan hari ulang tahun mereka. Banyak orang tua bahkan tidak tahu berapa umur mereka.

56. Lumba-lumba sungai dapat ditemukan di hulu Sungai Mekong di Kamboja. Terdapat sekitar 70-100 ekor yang tinggal di bentangan Sungai Mekong sepanjang 190 km.

57. Kamboja memiliki populasi orang muda yang besar. Sebagian besar penduduknya berusia di bawah 20 tahun.

58. Pemakaman cukup mahal di Kamboja, dan menghabiskan biaya rata-rata $ 9.000. Prosedur pemakaman biasanya berlangsung lebih dari 49 hari, dengan tubuh diawetkan selama tujuh hari pertama.

(Video) Sejarah dan Fakta Negara Kamboja, Negeri Kedamaian dan Kemakmuran

59. Pabrik pembotolan Pepsi di Battambang, yang memulai operasinya pada tahun 1960-an, ditutup paksa pada tahun 1975 selama pemerintahan Khmer Merah.

60. Ada “klinik buta” di Kamboja di mana pengunjung bisa mendapatkan pijatan dari orang buta. Orang-orang ini dilatih dalam seni pijat sehingga bisa mencari nafkah secara mandiri.[]

Menarik

  • 26 Fakta dan Informasi Menarik tentang Angkor Wat (Kamboja)
  • 12 Fakta dan Informasi Menarik tentang Planet Neptunus
  • 45 Fakta dan Informasi Menarik tentang Vietnam

FAQs

Apa yang menarik dari Negara Kamboja? ›

Salah satu fakta unik negara Kamboja adalah memiliki danau air tawar terbesar di Asia Tenggara. Danau air tawar tersebut bernama Danau Tonle Sap yang menjadi pusat keanekaragaman hayati dan dijadikan biosfer UNESCO pada 1997.

Apa ciri khas dari negara Kamboja? ›

Ciri khas negara-negara ASEAN :

Kamboja : Merupakan negara Indochina yang kaya dengan hasil pertanian, terdapat kuil legendaris tertua di dunia yang bernama Angkor Wat.

Kenapa Kamboja tidak merayakan ulang tahun? ›

Ulang tahun bukanlah masalah besar

Faktanya, banyak orang Kamboja tidak mengingat tanggal lahir mereka secara pasti, mereka hanya mengetahui musimnya saja. Orang Kamboja percaya bahwa mereka menua satu tahun tiap Tahun Baru Kamboja. Terlebih lagi, secara tradisional orang Kamboja lahir pada usia 1 tahun daripada 0.

Mengapa Kamboja mendapat julukan neraka dunia? ›

Kamboja mendapatkan julukan sebagai hell on earth atau neraka di bumi. Hal ini lantaran timbulnya perang saudara di negara itu yang mengakibatkan jutaan nyawa melayang.

Kamboja apa artinya? ›

Arti dan Makna Bunga Kamboja

Seperti dalam agama Hindu, kamboja dapat diartikan sebagai dedikasi dan pengabdian. Sedangkan dalam agama Buddha, bunga ini berarti simbol keabadian.

Apa nama patung Kamboja? ›

Pada perayaan nasional, Monumen Kemerdekaan menjadi pusat aktivitas. Setiap tahun, Monumen Kemerdekaan dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing. Di balik monumen tersebut, Patung Norodom Sihanouk didirikan.

Apa tarian Kamboja? ›

Tari Dewi Apsara (របាំទេពអប្សរា: Robam Tep Apsara) adalah sebuah tarian klasik Khmer yang diciptakan oleh Sendratari Kerajaan Kamboja pada pertengahan abad ke-20 di bawah perlindungan Ratu Sisowath Kossamak.

Apa kelebihan dan kekurangan dari negara Kamboja? ›

keunggulan : terdapat banyak destinasi wisata yang dapat mengundang turis manca. kelemahan : Mengalami masalah sosial, jumlah pengangguran banyak, jumlah kemiskinan tinggi.

Agama apa saja yang ada di negara Kamboja? ›

Adapun sebaran agama penduduknya terdiri dari 96,4% buddha Theravada, 2,1% Islam, 1,5 % lainnya.

Siapakah nama raja Kamboja saat ini? ›

KOMPAS.com - Raja Kamboja Norodom Sihamoni lahir pada 14 Mei 1953 di Phnom Penh, Kamboja. Dia naik tahta sebagai raja menggantikan ayahnya, Norodom Sihanouk pada Oktober 2004, setelah Sihanouk turun takhta.

Musim apa saja di Kamboja? ›

Iklim di negara Kamboja yaitu tropis, rata-rata suhunya berkisar antara 21 hingga 35 °C. Terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Musim hujan terjadi pada bulan Mei sampai Oktober, saat hujan suhu rata-ratanya mencapai sekitar 22 °C.

Apa hasil budaya ikonik negara Kamboja? ›

Angkor Wat juga menjadi salah satu keajaiban budaya terbesar di dunia. Keindahan artistik dari arsitektur kuno membuat kuil ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada tahun 1992.

Apa nama lain dari bunga Kamboja? ›

Kenapa negara Kamboja miskin? ›

Kamboja. Kamboja sudah lama menjadi negara miskin karena banyaknya konflik yang terjadi di negara tersebut. Vietnam memiliki GDP per kapita sebesar US$1.643 dan GDP US$27.089.

Apakah Kamboja legal judi? ›

Saat ini, Kamboja adalah surga judi. Karena di negara itu, judi sudah jadi bisnis yang dilegalkan. Sebagai salah satu negara paling miskin di ASEAN, Kamboja menggantungkan perekonomian dari pertanian, pariwisata dan perjudian. Dari bisnis ini, negara mendapatkan pajak yang tergolong besar.

Mengapa industri besar tidak ada di Kamboja? ›

Industri yang menjadi andalan di Kamboja terbatas pada industri semen dengan skala yang tidak besar, industri kayu, dan industri rokok. Hal ini disebabkan karena kurangnya sumber daya manusia yang terampil, bahan mentah, suku cadang, dan minimnya sarana transportasi dan telekomunikasi.

Apa nama pakaian adat Kamboja? ›

Sampot adalah pakaian tradisional Kamboja dan biasa dikenakan oleh kaum wanita. Pakaian ini mirip dengan pakaian dari Laos dan Thailand. Kendati demikian terdapat sejumlah perbedaan. Sejarah sampot tak terlepas dari masa Funan.

Apa nama rumah adat di Kamboja? ›

Istana Kerajaan Phnom Penh
Istana Kerajaan Kamboja
Balairung singgasana dalam kompleks Istana Kerajaan Kamboja
Wikimedia | © OpenStreetMap
Informasi umum
Gaya arsitekturArsitektur Kamboja
5 more rows

Apa nama kuil terkenal yang terletak di Kamboja? ›

Selain Kuil Sambor Prei Kuk, Kamboja juga memiliki dua situs sejarah lain yang masuk dalam daftar UNESCO, yakni Kuil Angkor Wat (pada 1992) dan Kuil Preah Vihear (2008).

Apa yang kalian ketahui tentang kebudayaan di Kamboja? ›

Kebudayaan Kamboja telah ada sejak zaman sejarah kuno dahulu. Seni dan kerajinan tradisional tersebut seperti pahatan baku, lukisan, keramik. Layang-layang, tenunan, tekstil, kerajinan perak dan masih banyak lagi. Dan pada abda 20 baru-baru ini telah muncul kesenian modern di Kamboja.

Apakah Kamboja termasuk negara maju? ›

Kamboja masih dikategorikan sebagai negara berkembang karena negara ini memiliki pendapatan yang rendah. PDB per kapita negara negara ini adalah 1.643 dolar AS atau sekitar Rp 23,55 juta. Selain pendapatannya yang rendah, tingkat inflasi di negara ini juga tinggi.

Apakah hasil utama perkebunan Kamboja? ›

Selain padi, sektor perkebunan utama di Kamboja, yaitu kapas, tembakau, kacang tanah, jagung, kapuk, dan tebu.

Apa keunikan dari negara Laos? ›

Terdapat sejumlah keunikan negara Laos, salah satunya merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak memiliki laut. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya, yuk! Negara di Asia Tenggara yang tidak mempunyai laut adalah Laos. Dikelilingi oleh daratan, wilayah Laos disebut sebagai "The Land Locked Country".

Apa tarian khas Kamboja? ›

Tari Dewi Apsara (របាំទេពអប្សរា: Robam Tep Apsara) adalah sebuah tarian klasik Khmer yang diciptakan oleh Sendratari Kerajaan Kamboja pada pertengahan abad ke-20 di bawah perlindungan Ratu Sisowath Kossamak.

Apa nama rumah adat di Kamboja? ›

Istana Kerajaan Phnom Penh
Istana Kerajaan Kamboja
Balairung singgasana dalam kompleks Istana Kerajaan Kamboja
Wikimedia | © OpenStreetMap
Informasi umum
Gaya arsitekturArsitektur Kamboja
5 more rows

Apa nama pakaian Kamboja? ›

Sampot adalah pakaian tradisional Kamboja dan biasa dikenakan oleh kaum wanita. Pakaian ini mirip dengan pakaian dari Laos dan Thailand.

Apa sumber perekonomian negara Kamboja? ›

Mata pencarian utama penduduk di negara Kamboja adalah petani. Salah satu komoditas ekspor utamanya pun hasil pertanian. Selain pertanian, perikanan juga sangat penting bagi perekonomian Kamboja.

Mengapa Kamboja memiliki wilayah yang sangat subur? ›

Kamboja termasuk negara yang dilalui Sungai Mekong, sungai terbesar di Asia Tenggara. Banjir tahunan Sungai Mekong selama musim hujan menyimpan endapan aluvial. Endapan ini turut menyumbang kesuburan tanah dataran tengah dan menjadi irigasi alami untuk penanaman padi.

Apa fungsi raja di negara Kamboja? ›

Baca juga: Kamboja, Negara Terakhir yang Masuk ASEAN

Artinya raja hanya memegang peranan sebagai kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri.

Apa saja perikanan di Kamboja? ›

Potensi perikanan tangkap di perairan laut Kamboja terdiri dari beragam jenis ikan, antara lain ….
  • hiu, ikan kakap, dan ikan lele.
  • ikan mailah, ikan piranha, dan ikan arwana.
  • ikan cupang, ikan pari, dan ikan bulan-bulan.
  • ikan barakuda besar, ikan kakap kuning hindia, dan ikan umela.

Apa nama suku di Kamboja? ›

Suku Bangsa Khmer (Nama lain : Suku bangsa Kamboja)

Apakah kegiatan ekonomi utama penduduk Kamboja? ›

Pertanian menjadi bidang utama ekonomi di Kamboja. Ekonomi Kamboja juga didukung oleh kegiatan pariwisata dan industri tekstil.

Negara apa yang terbesar di ASEAN? ›

Urutan negara ASEAN yang terluas pertama adalah Indonesia dengan luas 1.904.569 km2. Juga berbatasan dengan: Sebelah utara: Malaysia, Filipina, dan Laut China Selatan. Sebelah selatan: Samudera Hindia dan Negara Timor Leste.

Apa keistimewaan dari negara Filipina? ›

1. Filipina adalah negara pertama di Asia Tenggara yang memperoleh kemerdekaan setelah Perang Dunia II , tepatnya pada 1945. 2. Filipina memiliki tingkat penemuan tertinggi spesies hewan baru dengan 16 spesies mamalia baru yang ditemukan hanya dalam 10 tahun terakhir. 3. Perdagangan manusia adalah masalah di Filipina.

Videos

1. MENGGIURKAN Kerja Di Kamboja - Sebaiknya Cari Aman Dengan Cara Aman
(Insight Oktav)
2. PERNAH DIJULUKI NERAKA DUNIA! Inilah Sejarah dan Fakta Menarik Negara Kamboja di Asia Tenggara
(Data Fakta)
3. Inilah 5 Fakta Mengerikan NERAKA DUNIA Negara Kamboja
(Kata Babe)
4. Fakta Negara Kamboja | Pernah Disebut Sebagai Neraka Dunia, BENARKAH?
(Insight Oktav)
5. FAKTA KAMBOJA, NEGARA INI DIJULUKI NERAKA DUNIA, LEBIH MENYEDIHKAN & KASIHAN DIBANDING INDONESIA
(TyoJB)
6. TERNYATA CEWEK CAMBODIA ITU CANTIK CANTIK | vlog in cambodia #1
(Ryza CJ)

Top Articles

You might also like

Latest Posts

Article information

Author: Arielle Torp

Last Updated: 09/20/2022

Views: 5785

Rating: 4 / 5 (41 voted)

Reviews: 88% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arielle Torp

Birthday: 1997-09-20

Address: 87313 Erdman Vista, North Dustinborough, WA 37563

Phone: +97216742823598

Job: Central Technology Officer

Hobby: Taekwondo, Macrame, Foreign language learning, Kite flying, Cooking, Skiing, Computer programming

Introduction: My name is Arielle Torp, I am a comfortable, kind, zealous, lovely, jolly, colorful, adventurous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.